Jumat, 25 Februari 2011

Langkah-Langkah Berhenti Merokok

Selama ini kita sering mendengar bahaya merokok baik bagi perokok pasif maupun aktif. Sayangnya banyak orang susah untuk berhenti merokok. Kebiasaan ini memang sulit dihentikan tetapi bukan berarti tidak mungkin. Menyadari resiko merokok tidak cukup untuk berhenti merokok. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengehentikan kebiasaan ini.
Pertama, Anda harus memikirkan kenapa Anda ingin stop merokok. Menyadari resiko merokok, keinginan untuk hidup lebih sehat dan kuat, menghemat uang, juga demi keluarga Anda merupakan beberapa alasan penting kenapa Anda harus berhenti merokok.
Kedua, Anda dapat memilih berbagai metode berhenti merokok yang cocok dengan Anda. Anda dapat menunda kegiatan merokok Anda sekitar lima sampai sepuluh
menit. Mengurangi konsumsi rokok Anda satu hingga dua batang perhari. Anda bisa mengalihkan pikiran Anda dengan berolahraga, mengunyah permen karet, minum teh atau melakukan kegiatan lain. Anda juga harus mengubah rutinitas dan pemicu kebiasaan merokok Anda. Stress, lapar, pelepas lelah merupakan salah satu alasan untuk merokok. Anda bisa mengalihkan kegiatan merokok Anda dengan makan makanan manis, tidur, berbicara dengan teman atau saudara dan menghabiskan waktu dengan keluarga Anda. kebiasaan merokok saat sedang senggang atau sambil minum kopi dapat diganti dengan menyibukkan diri dan mengganti jenis minuman Anda. Mengetahui kebiasaan dan pemicu rokok dapat membantu Anda dalam berhenti merokok.
Ketiga, Anda dapat mengatur tanggal Anda berhenti dan memberitahu teman dan keluarga Anda. Ini untuk mengingatkan Anda pada komitmen Anda untuk stop merokok. Keluarga dan teman dapat membantu mengingatkan Anda resiko merokok setiap Anda ingin merokok. Memilih hari juga dapat dilakukan secara acak. Kadang saat Anda sedang sibuk melakukan suatu pekerjaan, Anda dapat melupakan keinginan merokok Anda. Mengingat resiko merokok dan mengalihkan perhatian Anda dari keinginan merokok serta merencanakan kegiatan tanpa merokok sangat membantu program Anda.
Keempat, Anda harus yakin dengan keputusan Anda. keputusan Anda untuk stop merokok dapat memberikan Anda kekuatan untuk bertahan tanpa rokok. Anda juga bisa melihat ke belakang pada saat Anda belum mengenal rokok. Apa yang biasa Anda lakukan, bisakah hal itu diterapkan sekarang? Hali ini bisa sangat membantu Anda dalam menghentikan kebiasan buruk Anda.
Kelima, bila Anda takut untuk berhenti Anda harus memikirkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menjauhi rokok. Berhenti merokok dapat menjauhkan Anda dari berbagai resiko merokok terutama penyakit seperti jantung dan kanker paru-paru. Sangat normal bila Anda merasa khawatir mengenai rencana Anda untuk stop merokok tetapi itu tidak boeh menghalangi langkah Anda.
Pada akhirnya Anda akan mensyukuri keputusan Anda bila sudah jauh dari rokok. Hidup Anda akan menjadi lebih sehat dan terasa lebih ringan dari sebelumnya. Pada hari hari pertama Anda akan merasa berat dan aneh. Yakinkan diri Anda bahwa ini semua demi kebaikan Anda sendiri, Anda bisa menuliskan pengalaman hidup Anda ini sehingga Anda bisa tetap fokus dan mengatasi stres dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More